Welcome to MUSICOLOGY.. enjoy your searching

Translate

pengertian musik pop

Rabu, 19 Maret 2014

|
PENGERTIAN MUSIK POP
Musik pop (istilah yang awalnya berasal dari singkatan dari "populer") adalah sebuah genre musik darimusik populer yang berasal dalam bentuk modern pada 1950-an, yang berasal dari rock and roll.
Istilah musik populer dan musik pop sering digunakan secara bergantian, meskipun yang pertama adalah deskripsi musik yang populer (dan dapat termasuk gaya apapun), sedangkan yang terakhir adalah genre tertentu yang mengandung kualitas daya tarik massa.
Sebagai genre, musik pop sangat eklektik, sering meminjam elemen dari gaya-gaya lain termasuk urban, dance, rock, latin dan country; Musik pop umumnya dianggap sebagai sebuah genre yang komersial dicatat dan keinginan untuk memiliki daya tarik audiens massa.

Definisi Musik pop
David Hatch dan Stephen Millward mendefinisikan musik pop sebagai "a body of music which is distinguishable from popular, jazz and folk musics" (sejenis musik yang dapat dibedakan dari musik populer, jazz, dan folk). Meskipun musik pop sering dilihat sebagai berorientasi pada tangga lagu (tangga singel), namun tidak semua musik dalam tangga lagu adalah musik pop, melainkan juga dari berbagai macam aliran seperti klasik, jazz, rock, dan novelty song. Musik pop sebagai genre biasanya dianggap sebagai genre yang ada dan berkembang secara terpisah. Dengan demikian "musik pop" dapat digunakan untuk menggambarkan sebuah genre terpisah, yang ditujukan untuk target muda usia, dan sering dianggap sebagai alternatif yang lebih lembut dari rock and roll.
Sejarah Musik Pop
Musik pop telah menjadi industri menguntungkan di Amerika Serikat sejak abad ke-19. Pada akhir 1950-an muncul genre pop/rock sesudah memudarnya era rock and roll. Pop/rock tahap awal dipengaruhi oleh susunan beat dan gaya rock and roll (dan kadang-kadang doo-wop), tapi tidak terlalu keras seperti rock and roll. Menjelang berakhirnya tahun 1960-an, genre pop/rock mulai dipengaruhi psikedelik dan blue-eyed soul. Pada tahun 1970-an, pop/rock makin cenderung lembut, misalnya seperti musik pop yang dibawakan Burt Bacharach. Artis pop/rock terkenal dari tahun 1960-an misalnya The Beach Boys, The Four Seasons, The Everly Brothers, The Association, The Rascals, The Righteous Brothers, The Walker Brothers, dan Petula Clark. Komposer Burt Bacharach, produser Phil Spector, dan tim pencipta lagu dari Brill Building seperti Barry/Greenwich dan Goffin/King termasuk di antara tokoh musik pop/rock tahun 1960-an.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih

Anak Kos mengatakan...

apa itu kiblat musik pop?

SNAPPY mengatakan...

thanks ya infonya.

Moeyz mengatakan...

Artikel yang menarik dan sangat bermanfaat. Terimakasih atas informasinya. Reportasee Portal Berita Dalam Negeri dan Luar Negeri Info Terbaru Lowongan Kerja BUMN di PT PLN, Cek Formasinya Profil DJ Alan Walker, Daftar Lagu Lengkap dan Penghargaan 5 Fakta Film Dua Garis Biru, Pemeran Zara JKT48 dan Angga Yunanda

Posting Komentar

add my Facebook.

jam

Blog Archive

Followers

Ilham Ibrahim. Diberdayakan oleh Blogger.